Minggu, 05 Oktober 2014

#Pinternet Hal-Hal yang Berkaitan dengan Internet


 

Para pengguna internet, tentu kalian tau ada banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan internet, pada pembahasan kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang apa itu WWW, Email, Search Engine, Browser, Chatting, Netiquette dan mengenai Komunitas-komunitas Online. Berikut penjelasannya ^^

1. WWW (World Wide Web)
World Wide Web sering disingkat dengan WWW atau Web adalah suatu metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat di akses melalui sebuah browser.

Menurut McLeod (Pearson), World Wide Web (WWW) adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen - dokumen hypermedia (file - file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara - cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Sejarah Web dimulai pada tahun 1980, ketika seorang Inggris bernama Tim Berners-Lee yang bekerja di CERN (Badan Tenaga Atom Eropa) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software. Berners-Lee juga memperkenalkan konsep hypertext, di mana setiap halaman informasi baru di ENQUIRE tersambung secara langsung ke halaman yang ada. 

Pada tahun 1984, Tim Berners-Lee kembali ke CERN dan mengemukakan gagasan bahwa semua fisikawan di dunia perlu untuk berbagi data. Namun, tidak ada perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan hal itu terjadi. Atasan Tim, Mike Sendall, meminta Tim untuk mengimplementasikan gagasannya di mesin workstation NeXT yang baru saja diterima oleh CERN. Pada waktu itu, ada beberapa nama yang disiapkan untuk gagasan Berners-Lee, antara lain Information Mesh, The Information Mine atau Mine of  Information, dan World Wide Web yang akhirnya dipilih



2. E-mail
Email adalah singkatan dari Electronic Mail dan dalam bahasa Indonesia adalah Surat Elektronik. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Intenet, dengan Email kita hanya membutukan beberapa menit agar surat atau pesan kita sampai tujuan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat atau pesan biasa(pos) dan dengan email isi surat atau pesan dapat kita isi dengan konten gambar, suara dan video, email bukan hanya untuk mengirim surat atau pesan, pada jaman sekarang banyak hal yang berhubungan dengan internet seperti mendaftar Facebook,twitter,blogger dan lain-lain pasti memerlukan email utuk mendaftar.

Email mulai di pakai pada tahun 1960-an, dan pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum.

Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis web. Berikut Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :

A. E-mail Berbasis SMTP/POP 
E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.

B. E-Mail Berbasis WEB 
E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll. 

3. Search Engine
Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).  Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors). 

Fungsi dan manfaat search engine search engine mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing anta lain adalah: 

a. mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. 

b. Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari. 

c. Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri. 

d. Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet. 

contoh search engine yang sangat populer untuk saat ini, untuk saat ini sudah sangat banyak perusahaan - perusahaan yang mengembangkan teknologi search engine ini, dan diantaranya adalah: Google, Yahoo, Bing, Ask dl.

4. Browser
Browser adalah perangkat lunak untuk mengakses halaman-halaman web, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain.
Informasi yang disajikan melalui browser dibangun dengan bahasa semi pemrogaman HTML (HyperText Markup Language), dan kemudian ditingkatkan fungsinya dengan menyisipkan kode-kode bahasa pemrogaman web, seperti PHP, ASP, JSP dan lain-lain. Sehingga mampu menampilkan informasi yang lebih interaktif dan dinamis serta terhubung dengan database.

Browser pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang diberi nama browser Mosaic. Mosaic adalah nama browser yang diciptakan oleh tim dari National Center for Supercomputing Applications at the University of illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC) tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu WWW (World Wide Web). Browser Mosaic pada masa awal lahirnya sangat digandrungi oleh para penjelajah internet. Hal itu terjadi karena Browser Mosaic adalah alat penjelajah internet pertama yang memiliki tampilan grafis dan terlihat lebih menarik. Kepopuleran Mosaic ternyata tidak bertahan lama, pada tahun 1994 browser Mosaic mulai ditinggalkan dengan hadirnya Netscape Navigator. Setelah itu bermunculan-lah browser-browser baru dengan kemampuan yang terus ditingkatkan hingga sampai saat ini.

5. Chatting
Chatting adalah suatu feature atau program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Ada banyak situs untuk chatting yang dapat di download, diantaranya:
a. Miranda = http://www.miranda-im.org/download/ 
b. Trilian = http://www.trillian.im/get/windows
c. Nimbuzz = http://get.nimbuzz.com/windows/
d. DiGSBY = http://www.digsby.com/download.php, dll.  


Instant messaging yang sebenarnya muncul pada tahun 1996, diawali dengan Mirabilis yang memperkenalkan ICQ. Sebuah instant messaging gratis yang bisa digunakan oleh semua orang. ICQ menggunakan sebuah software aplikasi yang harus di-install di komputer, barulah kita bisa menikmati fasilitas instant messaging ini. Pada tahun 1997, AOL dipertimbangkan sebagai pelopor dari komunitas online. AOL menawarkan kepada penggunanya fasilitas untuk berbicara langsung dengan lawan bicara didalam chat room atau instant messaging, seperti halnya kita menelepon. Akhirnya pada tahun 1998, AOL mengambil alih Mirabilis beserta ICQ-nya. Lalu ICQ menjadi model acuan untuk fasilitas instant messaging yang banyak ditawarkan saat ini.

Dengan menggunakan webcam, kita juga bisa melihat wajah lawan bicara kita di layar monitor dan saling berkomunikasi layaknya orang bertelepon. Masalahnya sekarang, kita tinggal pilih mau menggunakan sofware instant messaging yang mana. Sekarang kita juga sudah bisa menikmati instant messaging di handphone atau PDA dengan menggunakan aplikasi instant messaging yang sangat bervariasi.

6. Netiquette
Netiquette kependekan dari Internet Etiquette (etika di internet), adalah kode perilaku yang dapat diterima yang harus diikuti oleh para pengguna internet, artinya perilaku yang diharapkan dari semua pengguna online. Netiquette mencakup aturan-aturan untuk setiap aspek penggunaan internet, termasuk WWW, Email, FTP, kelompok warta dan papan pesan, ruang mengobrol dan papan instan.

Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket. 

7. Komunitas-komunitas Online
Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.


Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya.





Sumber :

Yuhefizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet : Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Gramedia.

Ridwan, Ahmad. (2013). Pengertian WWW Menurut Ahli dan Buku. Diperoleh dari : http://www.impoint.info/2013/06/pengertian-www-menurut-ahli-dan-buku.html#axzz3Fcpqvm7X

Noname. (2010). Email adalah. Diperoleh dari : http://fileblogku.blogspot.com/2010/11/email-adalah.html 

Aditya, Bramasta. (2012). Pengertian Email. Diperoleh dari : http://bramastaaditya.blogspot.com/2012/12/pengertian-e-mail.html

Yuliato, Tito. (2014). Pengertian Search Engine, Manfaat dan Cara Kerjanya. Diperoleh dari : http://www.titoyulianto.com/pengertian-search-engine-manfaat-cara-kerja/ 

Irawan, Kuhuh. (2013). Pengertian dan Fungsi Seacrh Engine. Diperoleh dari : http://istanateknologi.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-fungsi-search-engine.html 

Mandalamaya.(2013). Pengertian browser. Diperoleh dari: http://www.mandalamaya.com/pengertian-browser/ 

Rahmadhani, Sari. (2011). Pengertian Chatting. Diperoleh dari : http://sari-rahmadhanixi.blogspot.com/2011/11/pengertian-chatting.html

Putra, Ryan. (2013). Pengertian Chatting dan Macam-macam Chatting. Diperoleh dari : http://ryanputra110598blogspotmcom.blogspot.com/

Afan. Muh. (2014). Sejarah dan Pengertian Chatting. Diperoleh dari : http://tikpopuler.blogspot.com/2014/01/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Kutubuku. (n.d.). Apakah arti netiquette?. Diperoleh dari : http://kutubuku.web.id/2511/apakah-arti-netiquette

Thompson. (n.d.). Menjelajah Dunia Komputer. Jakarta : Salemba Infotek

Nadia, Elsa. (2013). Komunitas Online. Diperoleh dari : http://echaelshanadia.wordpress.com/2013/10/31/komunitas-online/ 


0 komentar:

Posting Komentar