Rabu, 29 Oktober 2014

#Pinternet Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Internet (Review Jurnal)

Sebelumnya sudah di bahas apa itu internet dan apa saja fasilitas dari internet, sekarang mari kita bahas dampak-dampak dari penggunaan internet, berbeda dari postingan sebelumnya, postingan kali ini berupa hasil review dari beberapa jurnal yang berkaitan dengan dampak penggunaan internet.


Internet adalah yang terbaru dalam serangkaian terobosan teknologi dalam komunikasi interpersonal, setelah telegraf, telepon, radio dan televisi. Internet menggabungkan fitur-fitur inovatif dari pendahulunya, seperti menjembatani jarak yang jauh dan menjangkau khalayak massa. Namun, internet memiliki fitur yang terbaru, yang paling kritis anomitas relatif yang diberikan kepada pengguna dan menyediakan tempat kelompok dimana untuk bertemu orang lain dari minat dan nilai-nilai yang sama.

Jika internet ditempatkan dalam konteks historisnya dan kemudian melihat efek penggunaan internet yaitu : efek psikologis, pembentukan dan pemeliharaan hubungan pribadi, keanggotaan kelompok dan identitas sosial, tempat kerja dan keterlibatan masyarakat.Bukti menunjukkan bahwa sementara efek ini sangat tergantung pada tujuan tertentu yang pengguna membawa ke interaksi-seperti ekspresi diri, afiliasi, atau kompetisi-mereka juga berinteraksi dengan cara yang penting dengan kualitas yang unik dari situasi komunikasi internet.

Dampak Positif Penggunaan Internet

Dengan melihat dan memahami dari beberapa jurnal tentang dampak positif internet, dapat kita ketahui bahwa internet memiliki banyak manfaat dalam berbagai hal dan bidang. Tentunya dampak positif internet ini di pengaruhi oleh banyak hal, salah satunya jika kita dapat menggunakan internet dengan bijak tentunya kita akan mendapatkan manfaat yang positif. Berikut adalah dampak positif dari penggunaan internet yang didapat dari beberapa jurnal :
  • Penggunaan internet sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan akan informasi.
  • Untuk mengakses internet tidaklah sulit sehingga dapat membantu dalam berbagai bidang, seperti yang terdapat di dalam jurnal yang berjudul "The Democratic Effect of The Internet", bahwa internet pun sangat membantu dalam bidang politik yaitu demokrasi dimana masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya dan juga mengetahui hal-hal mengenai pemerintahan melalui pers. Seperti gambar dibawah ini, yaitu penggunaan internet dalam berkampanye yang dilakukan bapak presiden kita saat ini yaitu bapak Joko Widodo.

  • Internet mempermudah kita dalam bersosialisasi dan menjalin komunikasi. Dalam hal bersosialisasi saat ini sudah banyak media sosial seperti facebook, twitter, path dll.
  • Dengan menggunakan internet dapat menjadi hiburan tersendiri bagi sang pengguna sehingga dapat melepas penat.
  • Dapat mengekspresikan diri melalui internet, seperti menulis blog, membuat karya dll, tentunya dengan caranya masing-masing.
  • Dengan menggunakan internet sangat memungkinkan terbentuknya kelompok-kelompok sosial tertentu dengan anggota yang memiliki ketertarikan atau minat yang sama, sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran melalui internet.
  • Melalui internet kita juga dapat memperoleh pendapatan melalui bisnis online. Dengan memanfaatkan media yang terdapat pada internet kita bisa berbisnis, seperti yang sudah familiar kita ketahui yaitu online shop, selain hemat waktu kita juga tidak perlu repot karena kita dapat berbisnis dimanapun kita berada via internet. Selain online shop, dengan media internet kita juga bisa berbisnis jasa dan menampilkan iklan dari produk kita, tentu ini akan sangat bermanfaat bila internet di gunakan dengan baik.

Dalam menggunakan internet tentunya terdapat dampak-dampak negatif di samping dampak positifnya, dampak negatif dari penggunaan internet berikut merupakan hasil dari review jurnal..

Dampak Negatif Penggunaan Internet

Tidak dapat ditampik jika penggunaan internet memiliki dampak negatif jika dalam penggunaannya tidak dengan bijak dan menyalahi etika dalam berinternet seperti yang sudah di bahas sebelumnya tentang Netiquette Klik Disini, maka berikut adalah dampak dari penggunaan internet yang dijelaskan dari beberapa jurnal :
  • Menyebabkan Internet Addiction atau kecanduan internet. 
  • Kecemasan berlebih, misal bagi pecinta sosial media ketika tidak dapat mengaksesnya maka akan gelisah.
  • Dapat merubah kemampuan berkomunikasi seseorang, misal akibat terlalu sering berkomunikasi via internet, maka cenderung kemampuan berkomunikasi secara langsungnya akan berkurang.
  • Jika tidak memiliki pemahaman yang cukup baik tentang batasan yang boleh di akses, maka akan berdampak negatif jika seseorang mengakses informasi yang tidak bermanfaat dan cenderung negatif.
  • Dengan segala kemudahan yang disediakan oleh internet ternyata juga berdampak negatif seperti memudahkan dalam mengakses situs porno.
  • Jika di dampak positif kita dapat berbinis melalui internet maka terdapat pula dampak negatifnya seperti sifat konsumtif, dengan kemudahan berbelanja via internet akan membuat seseorang menjadi boros.
  • Dengan mengakses internet berlebihan akan membuat kita lupa waktu sehingga banyak pekerjaan dan moment yang terlewatkan, misal karena terlalu asik bermain game online atau membuka sosial media akan menyebabkan kita tidak mengerjakan tugas kuliah. Selain itu dengan terlalu aktif di media internet secara tidak sadar akan membuat kita acuh terhadap lingkungan sosial di dunia yang nyata.
Semua dampak positif dan negatif di atas tentu sangat dipengaruhi oleh apa tujuan utama seseorang mengakses internet, dengan segala fasilitas dan kemudahan yang disediakan oleh internet seharusnya dapat membantu kita dalam banyak hal, namun jika disalah gunakan maka akan merugikan dan menjerumuskan diri sendiri.

Sekiaaannn sedikit review jurnal mengenai dampak penggunaan internet, semoga bermanfaat ^^









Sumber :

Bargh, John., & McKenna, Katelyn. (2004). The Internet and Social Life. Annual Review of Psychology, 55, 573-590.

Groshek, Jacob. (2009). The Democratic Effect of The Internet, 1994-2003. International Communication Gazette, 71, 115-136.

Romano, Michela., Osborne, Lisa, A., Truzoli, Roberto., Reed, Phil., et al. (2013). Differential Psychological Impact of Internet Exposure on Internet Addicts : e55162. PLoS One, 8.

Yang, Dong, J., & Chung, Wan, T. (2014). The Communication Effect  of Internet Rumor on College Student. International Jurnal of Organizational Innovation (online), 7, 48.

Ade Putri, Novrita. (2013). Subjective Well Being Mahasiswa yang Menggunakan Internet Secara Berlebihan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 2-16.









0 komentar:

Posting Komentar