Rabu, 01 Oktober 2014

#Pinternet Pengertian dan Sejarah Internet

Hallooooooo.. cieeee lagi pada internetan nihhh hehe jaman sekarang gitu yaaaa semua orang bisa akses internet dimanapun dan kapanpun, tapiiii.. apakah kalian sudah tahu apasih internet itu?? malu dongg kalau pengguna aktif internet tapi ga tau internet itu apa, nah ga usah lama-lama lagi yuk mari kita bahas :D

Apa itu Internet??

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain. Jaringan-jaringan ini saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan protokol IP (Internet Protocol, RFC 793) pada network layer-nya (layer ke 3 dari 7 layer OSI model) dan TCP (Transmission Control Protocol, RFC 791) atau UDP (User Datagram Protocol, RFC 768) pada transport layer-nya (layer ke 4), sehingga setiap pemakai dari setiap jaringan dapat saling mengakses semua service atau layanan yang disediakan oleh jaringan lainnya.

Adapula definisi lain dari internet yakni sebagai berikut:
Internet (Inter-network) merupakan jaringan yang menggabungkan beberapa komputer yang terhubung dalam sebuah internet protocol (IP) yang mencakup secara luas ke seluruh dunia. 

Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Naahh setelah tau apa itu internet, sekarang mari kita bahas bagaimana asal mula dari internet itu sendiri, yuksss..


Sejarah Internet 
 Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis sebuah sistem jaringan internet ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal dari internet.Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Pada tahun 1980-an, internet mulai digunakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat, yaitu
Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah.
 
Protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982.

Sistem nama domain mulai digunakan pada tahun 1984.

National Science Foundation Network (NSFNET) dibangun pada tahun 1986 dan mulai menggantikan peran ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional di berbagai negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSFNET.

ARPANET dibubarkan pada tahun 1990. Namun internet tetap terus berkembang hingga sekarang.

Awalnya informasi yang bisa diperoleh melalui internet hanyalah informasi berbasis teks. Pada tahun 1990, layanan berbasis tampilan grafis yaitu World Wide Web (WWW) mulai dikembangkan oleh CERN.

ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pada tahun 1993, InterNIC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain.

Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.



Sekian dari saya sedikit tentang pengertian dan sejarah internet, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua dan semoga bermanfaat, terimakasih ^^







Sumber :
Tunardy, Wibowo. (2009). Pengertian Internet. Diperoleh dari : http://www.wibowotunardy.com/pengertian-internet/

Utomo, E.P., & Syafrudin. (n.y.). Koneksi Internet untuk PC, Laptop dan HP. Yogyakarta : Media Kom.

Budinugroho. (2013). Pengertian Internet atau Definisi Internet. Diperoleh dari : http://budinugroho24.wordpress.com/about/pengertian-internet-atau-definisi-internet-2/

Ramadhan, Arief. (2005). Seri Pelajaran Komputer Internet dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Wikipedia. (2014). Sejarah Internet. Diperoleh dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

0 komentar:

Posting Komentar